Laman

Senin, 04 Mei 2015

TANAMAN OBAT CABE JAWA

               Hallo sobat semua, pada kesempatan kali ini saya akan menshare beberapa artikel umum yang berkaitan dengan pengobatan khususnya pengobatan dengan tanaman obat atau herbal. Seperti yang kita ketahui negeri kita ini indonesia kaya akan sumber daya alam beraneka ragam diantaranya berbagai macam rempah-rempah dan tanaman obat. Disini saya akan menjelaskan sedikit lebih detail tanaman obat Cabe Jawa yang akan saya share ke sobat semuanya.



a.       Nama
Nama ilmiah  : Retro Fractum Vahl
Nama daerah  : lada panjang atau cabe panjang (sumatra); cabe jamu, cabe areuy, cabe     sula (Jawa); cabi jamo, cabi onggu, dan cabi solah (Madura)
                  Nama asing    : bi ba (Cina)

b.      Ciri fisik
Sosok   : Perdu memanjat agak miri lada atau sirih.
Akar     : akar lekat, seperti akar tanaman lada.
Daun    : bundar telur sampai lonjing; berwarna hijau mengkilap; pangkalnya membulat dengan ujung runcing; dibandingkan daun sirih atau lada, daun cabe jawa lebih memanjang.

c.       Asal
Indonesia

d.      Tempat tumbuh
Tanaman merambat pada tembok, pagar, pohon lain, atau rambatan yang dibuat khusus. Cocok di tanam di tanah yang tidak lembab dan porus ( banyak mengandung pasir). Daerah dengan ketinggian 0-600 m diatas permukaan laut merupakan tempat penyebarannya.

e.       Perbanyakan
Perbanyakan tanaman cabe jawa dapat dilakukan dengan menanam stek batang yang sudah cukup tgua atau lewat biji.

f.       Kandungan kimia
Buah   : zat pedas piperine, palmitic acids, tetrahydropiperic acids, 1-undecylenyl-3, 4-methylenedioxy benzene, piperidine, minyak asiri, n-isobutil-decatrans-2-trans-4-dienamide, dan sesamin
Akar   : piperine, piplartine, dan piperlonguminine
(gambar pohon)

g.       Khasiat untuk pengobatan
1)      Obat kuat atau membersihkan rahim setelah melahirkan, siapkan 3 g akar cabe jawa kering, tumbuk hingga halus. Seduh dengan air panas dan dinginkan. Diminum 1 kali sehari.
2)      Batuk, pencernaan terganggu, bronchitis, ayan, demam sehabis melahirkan, serta menguatkan paru-paru, lambung dan jantung.
Keringkan 6 buah cabe jawa yang masih mentah, tumbuk halus setelah iti tambahkan sedikit air dan diminum dengan dicampur madu.
3)      Liver yang menderita urus-urus
Rimpang lempuyang ditumbuk dan diperas airnya. Ramuan ini akan lebih berkhasiat bila dicampur dengan maksimal 3 buah cabe jawa.
4)      Sakit gigi
Buah yang dikeringkan dan dijadikan bubuk dapat disumbatkan ke gigi yang berlubang atau sakit.
5)      Khasiat lain
Buah cabe jawa yang dikeringkan dan dijadikan  bubuk, bila dicampur dengan air matang dan diminum, dapat untuk mengobati sakit ulu hati, muntah, diare, disentri, hidung berlendir dan sakit kepala.

1 komentar:

  1. Yang butuh bibit tanaman atau buah Cabe Jawa, bisa hubungi kami di 082136712513 atau chasiapro@gmail.com. Siap kirim ke seluruh Indonesia. Trims Prabowo JOgja

    BalasHapus